Pages

Minggu, 30 September 2012

Metode Discovery

Setiap akan melaksanakan kegiatan Belajar Mengajar sebelum dilaksanakan, guru harus selalu mempersiapkan rencana pembelajaran, yang di dalamnya menentukan metode mengajar. Pemilihan metode mengajar salah satu unsur yang menentukan mutu hasil pendidikan. Dalam suatu pembelajaran, dapat digunakan beberapa metode secara bergantian, sehingga dapat dikatakan tidak ada suatu metode pun yang tepat untuk satu mata pelajaran.
Salah satu metode yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar adalah metode discovery. Metode discovery ialah suatu prosedur mengajar yang menitikberatkan studi individual, manipulasi objek-objek dan eksperimentasi, oleh siswa sebelum membuat generalisasi sampai siswa mengalami suatu konsep (Hamalik, 1987: 186).
Belajar discovery merupakan suatu proses yang bersifat tinggi, meliputi belajar pemecahan masalah (problem solving). Belajar discovery adalah proses belajar dimana belajar harus menyusun kembali, mencari dan menemukan sendiri untuk kemudian disatukan dengan unsur kognitifnya (Sukmadinata, 1986: 12). Metode discovery ini pada mulanya digunakan dalam bidang pengajaran ilmu lain, seperti Matematika, IP A, Biologi. Namun, pada masa sekarang ini metode discovery dipergunakan juga dalam pengajaran bahasa dan sastra (Hidayat, 1999: 117).
Hubungan discovery dengan problem solving, dalam buku ilmu pendidikan adalah inquery - discovery, mengandung arti yang sejenis yaitu istilah yang menunjukkan suatu kegiatan atau cara belajar yang bersifat mencari, bersifat logis, analisis, menuju suatu kesimpulan yang meyakinkan (Sopandi, 1987:12).

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Sample Text